Kabar Gembira dari Dokter Reisa, Indonesia Peringkat Kelima

Kabar Gembira dari Dokter Reisa, Indonesia Peringkat Kelima
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah Bidang Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro mengatakan Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan jumlah terbanyak vaksinasi dosis lengkap.

Capaian itu merupakan keterangan dari Our World in Data pada awal Desember 2021.

“Hingga Selasa, 7 Desember 2021, lebih dari 100 juta warga Indonesia mendapatkan dosis lengkap atau dua dosis vaksinasi Covid-19," kata Reisa di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (11/12).

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru itu menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi lengkap untuk 208,2 juta warga Indonesia akan dicapai pada Maret atau April 2022.

Perempuan kelahiran Kota Malang, 28 Desember 1985 itu mengatakan hampir 70 persen dari sasaran vaksinasi Indonesia atau hampir 145 juta orang, sudah menerima minimal satu kali suntikan vaksin Covid-19.

“Bila dikurangi dengan total penerima dosis lengkap dan total penerima dosis pertama, masih terdapat sekitar 45 juta warga Indonesia yang sedang menunggu suntikan vaksin dosis kedua,” kata Reisa.

Dia menerangkan tujuan vaksinasi untuk mengurangi angka kesakitan berat atau kematian lantaran terpapar Covid-19.

Selain itu, persyaratan perjalanan bagi warga yang telah menerima vaksin dosis lengkap akan jauh lebih mudah, termasuk juga akses ke tempat umum yang mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan jumlah terbanyak vaksinasi dosis lengkap. Pemerintah terus berupaya memaksimalkan vaksinasi kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News