JPNN.com

Kabar Gembira dari Prof Wiku soal Persiapan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 30 Oktober 2020 – 09:41 WIB
Kabar Gembira dari Prof Wiku soal Persiapan Vaksinasi Covid-19 - JPNN.com
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: Satgas Covid-19.

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan kabar gembira terkait persiapan logistik dan SDM untuk vaksinasi coronavirus baru.

Satgas mengkonfirmasi bahwa saat ini pemerintah sudah mempertimbangkan berbagai aspek untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Dari data Kementerian Kesehatan, persiapan prosedur untuk menjaga suhu vaksin atau cold chain sudah berjalan dengan baik. Cold chain sendiri bertujuan untuk menjaga kualitas maupun efektivitasnya.

"Saat ini rata-rata kesiapan cold chain yang berfungsi di Indonesia mencapai 97 persen," ungkap Wiku saat menjawab pertanyaan media sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/10).

Dari sisi SDM yang telah disiapkan terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, perawat dan bidan sudah dipersiapkan.

Dari data Kemenkes, jumlah SDM yang dipersiapkan sudah ada sebanyak 739.722 orang. Serta vaksinator di Puskesmas dan rumah sakit sebanyak 23.145 orang. Atau secara rasio sebesar 1 : 20 di seluruh Indonesia.

Prof Wiku percaya bahwa vaksinasi yang sukses adalah aman dan efektif secara medis serta diikuti persiapan penyelenggaraan yang matang.

"Untuk itu kami harapkan masyarakat bersabar menanti proses vaksinasi dan tetap mematuhi protokol 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan)," jelas Wiku.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra