Kabar Mutakhir soal Ustaz Abdul Somad dan Hukum Permainan Catur

Kabar Mutakhir soal Ustaz Abdul Somad dan Hukum Permainan Catur
Ustaz Abdul Somad. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ustaz Abdul Somad tak tinggal diam menyikapi polemik yang muncul lantaran pernyataannya terkait catur dan hukum haram.

Sebelumnya, pernyataan UAS soal hukum permainan catur haram, menjadi omongan khususnya di media sosial. Dai kondang asal Riau itu pun meluruskan polemik tersebut saat berkunjung ke Pondon Pesantren Gontor, sebagaimana video yang diungggah mantan Ketua DPR Marzuki Alie dalam akun Twitter.

“Di Ponpes Gontor, Ustaz Abdul Somad memberikan penjelasan tentang catur yang haram. Penjelasan UAS ini langsung di depan KH Hasan Abdullah Sahal, pimpinan Ponpes Gontor,” tulis Marzuki Alie @marzukialie_MA, menyertai video yang diunggah.

Dalam video itu, UAS menjelaskan bahwa pernyataannya menganai catur haram yang viral tersebut merupakan video tahun 2017. Kala itu dalam sebuah pengajian ada jamaah yang bertanya padanya.

“Dua tahun lalu, ada yang bertanya, bagaimana suami saya main catur sampai enggak cari nafkah, sampai enggak salat,” kata UAS.

Dia kemudian menjelaskan bahwa apa yang disampaikan itu sesuai dengan apa yang disebutkan Imam Hanafi dan Imam Syafii. Disebutkan jika ada unsur judi dan melalaikan salat, maka perbuatan tersebut hukumnya haram. “Mazhab Syafii hanya sampai makruh saja,” terangnya.

Dalam video tentang Ustaz Abdul Somad yang dia unggah itu, Marzuki Alie juga mencolek akun Kemenag RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News