Kabar Penting Buat Emak-Emak, Harga Cabai Rawit Merah Makin Pedas

Kabar Penting Buat Emak-Emak, Harga Cabai Rawit Merah Makin Pedas
Cabai rawit. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Di sejumlah pasar tradisional di Jakarta, harga cabai rawit merah tembus di angka Rp 100 ribu per kilogram, berdasarkan data Info Pangan Jakarta (IPJ).

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPK) DKI Jakarta membenarkan hal tersebut.

Namun kenaikan harga tidak terjadi di semua pasar tradisional Ibu Kota, hanya di pasar-pasar tertentu, salah satunya Pasar Tebet Barat, Jaksel.

"Harga cabai rawit merah ada yang menjual kisaran Rp75 ribu hingga Rp90 ribu per kg, hanya di Pasar Tebet Barat yang Rp100 ribu," kata Pelaksana Tugas Kepala DKPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati.

Elly menjelaskan, ada juga pasar yang menjual harga cabai di bawah rata-rata pasar sebesar Rp45 ribu per kg, yakni di Pasar Metro Atom, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Adanya perbedaan harga cabai rawit merah ini, menurut Elly, disebabkan beberapa kemungkinan. Bisa saja pedagang memiliki stok cabai yang lama sehingga dijual dengan harga terjangkau daripada busuk.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, menjelang Natal dan Tahun Baru, rata-rata harga cabai merah besar di pasar tradisional di seluruh Indonesia naik 1,33 persen dari Rp52.452 menjadi Rp53.150 per kilogram, sedangkan cabai rawit hijau naik 1,79 persen dari Rp41.801 menjadi 42.550 per kilogram.

Sementara itu harga jual di tingkat pasar induk yang menjadi pemasok cabai untuk pasar tradisional di Jakarta, yakni Pasar Kramatjati, Pasar Cibitung dan Pasar Tanah Tinggi, Tangerang Selatan, memang mengalami kenaikan.

Kabar penting buat rmak-emak soal harga cabai rawit merah di sejumlah pasar tradisional di Ibu Kota Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News