Kabar Terbaru, 26 Awak KM Lambelu Dinyatakan Positif Corona

Kabar Terbaru, 26 Awak KM Lambelu Dinyatakan Positif Corona
Petugas medis datang memeriksa tiga penumpang yang terindikasi positif corona di KM Lambelu, Maumere NTT. Foto: Tangkapan layar video Instagram

jpnn.com, MAKASSAR - Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan menyebut hasl tes kesehatan menunjukkan 26 awak dan mitra KM Lambelu positif terinfeksi virus corona atau COVID-19.

Hasil itu diketahui setelah dilakukan pemeriksaan kepada 42 orang dari 141 awak kapal yang saat ini sedang dikarantina di atas kapal tersebut.

"Kemarin telah dilakukan pemeriksaan swab kepada 42 orang awak KM Lambelu dan ada 26 positif, selebihnya negatif," kata Kepala Dinas Kesehatan, dr Ichsan Mustari melalui video konferensi bersama awak media di Makassar, Minggu petang.

KM Lambelu saat ini dilarang bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta sesuai protokol kesehatan untuk setiap kedatangan.

Nakhoda beserta petugas kapal harus menjalani isolasi mandiri di atas kapal dengan pengawasan dari pihak keamanan, manajemen dan otoritas pelabuhan di Kota Makassar.

Adapun jarak antara kapal dan daratan sejauh 2 mil dan nakhoda kapal beserta seluruh ABK telah diinstruksikan tetap berada di atas kapal hingga hasil pemeriksaan kesehatan diterima.

"Besok siang, 99 orang awak akan diperiksa lagi untuk memastikan statusnya mereka. Sebab yang diidentifikasi positif ini kebanyakan mereka adalah OTG (Orang Tanpa Gejala)," kata dr Ichsan.

Meski demikian, dr Ichsan menegaskan kepada masyarakat bahwa tidak ada satupun kru yang turun dari kapal dan karantina akan terus dilakukan sampai 14 hari.

KM Lambelu sempat viral di media sosial karena dilarang bersandar di pelabuhan Maumere NTT akibat diduga ada awak positif corona sehingga penumpang memilih melompat ke laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News