Kabar Terbaru Motor Listrik Yamaha E01 dari Presdir YIMM Dyonisius Beti

Kabar Terbaru Motor Listrik Yamaha E01 dari Presdir YIMM Dyonisius Beti
Motor listrik Yamaha E01. Foto: Yamaha

jpnn.com, JAKARTA - Yamaha menjelaskan alasan mereka belum menjual motor listrik E01 di Indonesia.

Menurut President Director dan CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti, kendati belum juga merilis motor listrik ke pasar Indonesia, tetapi Yamaha sejatinya sudah memiliki peta jalan kendaraan listrik.

Khususnya Yamaha E01, pabrikan Jepang itu mengeklaim sudah melakukan studi dan serangkaian uji coba di beberapa negara termasuk Indonesia.

"Tentu Yamaha mempertimbangkan banyak hal. Saat ini kami masih studi dan uji coba sebelum benar-benar menjualnya," jelas Dyon di sela acara penanaman 5.000 pohon mangrove di Jakarta Utara, Rabu kemarin.

Skutik berbasis baterai murni itu memang sudah dibekali sejumlah perangkat legal berkendara, tetapi saat ini masih dalam tahap Proof of Concept (PoC).

"Pengujian skutik E01 saat ini dilakukan di enam negara berbeda. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui berbagai masukan, mengingat setiap wilayah pengujian memiliki karakteristik berbeda-beda, baik dari segi kondisi cuaca, dan jalan juga kebiasaan pengendaranya," kata dia.

Dyonisius mengatakan Yamaha tidak saja sekadar menjual motor listrik saja, tetapi pihaknya juga memiliki tanggang jawab lain, mulai dari kecocokan produk sampai ke tanggung jawab lingkungan.

"Kami pengin motor listrik Yamaha benar-benar cocok untuk masyarakat Indonesia. Makanya kami uji coba E01 di berbagai medan jalan, tidak hanya yang datar tetapi juga keandalannya saat menanjak, termasuk juga ketika banjir," tambah dia.

Kendati belum juga merilis motor listrik Yamaha E01 ke pasar Indonesia, tetapi YIMM sejatinya sudah memiliki peta jalan kendaraan listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News