Kabarnya Udang Palsu Asal Tiongkok Masuk Indonesia, Benar Gak Sih?

Kabarnya Udang Palsu Asal Tiongkok Masuk Indonesia, Benar Gak Sih?
Ilustrasi udang. Foto: Radar Bangka/JPNN

jpnn.com, BOGOR - Hati-hati jika ingin membeli udang di pasar. Bisa jadi yang anda beli itu adalah udang palsu.

Apalagi, kabarnya, udang palsu asal Tiongkok itu sudah masuk ke Indonesia.

Tak mau kecolongan, Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor melakukan antisipasi dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Swalayan Super Indo, Jalan Pahlawan dan Lippo Plaza Bogor, kemarin (5/6).

Kabid Perikanan pada Distani Kota Bogor, drh Wina Patriantariksina menjelaskan, pengawasan ini sudah menjadi rutinitas, baik di hari-hari biasa, menjelang Ramadan maupun Lebaran.

Target pengawasan bukan hanya ikan air tawar, tapi ikan air laut juga olahan ikan lainnya.

"Kami mendengar ada isu tentang beredarnya udang palsu dari Tiongkok. Untuk Kota Bogor, kami melakukan langkah-langkah antisipasi. Pertama, pengawasan udang yang beredar di Kota Bogor yang dilakukan dengan pengujian di dua supermarket, terhadap udang beku," kata Wina.

Hasilnya, udang yang masuk ke dua supermarket tersebut adalah asli. Dia pun memberikan tip untuk menentukan udang tersebut asli atau tidak. Caranya, dengan pemanasan baik itu direbus atau digoreng.

"Kita bisa membedakan antara udang asli dan palsu dari tiga macam cara. Pertama dilihat dari warnanya, jika udang tersebut palsu warnanya akan pucat, dibanding udang asli," ucapnya kepada Radar Bogor (Jawa Pos Group) kemarin.

Hati-hati jika ingin membeli udang di pasar. Bisa jadi yang anda beli itu adalah udang palsu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News