Kabel Laut Bangka-Sumsel Bikin Listrik di Muntok Semakin Terang Benderang

Kabel Laut Bangka-Sumsel Bikin Listrik di Muntok Semakin Terang Benderang
Ilustrasi. Pembangkit listrik. Foto dok PLN

jpnn.com, MUNTOK - Kawasan Pariwisata Muntok yang berada di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung akan mendapatkan pasokan listrik lebih banyak. Hal itu setelah PT PLN (Persero) membangun kabel listrik bawah laut yang menghubungkan sistem kelistrikan Kabupaten Bangka Barat dengan Sumatera Selatan (Sumsel).

“PLN bakal membuat kabel bawah laut, sehingga sistem perlistrikan tersebut akan lebih terkoneksi. Kabel listrik itu akan mengalirkan listrik sebesar 300 Megawatt (MW). Itu sangat bagus untuk mendukung percepatan perkembangan pariwisata di Kabupaten Bangka Barat khususnya di Muntok, sehingga pasokan listrik disana bakal aman,” ujar Ketua Pokja percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib yang didampingi Person in Charger (PIC) Tanjung Kelayang Larasati Sedyaningsih di Jakarta, Jumat (7/7).

Lebih lanjut, Hiramsyah menjelaskan, kabel listrik sepanjang 17 kilometer (km) itu akan membentang dari kawasan industri Tanjung Api-Api (Sumsel) menuju Muntok (Bangka).

“Ada banyak pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) mulut tambang di Sumsel yang listriknya bisa dialirkan ke Bangka Barat, ini akan membuat destinasi semakin siap,” ujarnya.

Larasati menambahkan, selain untuk meningkatkan kehandalan pasokan listrik di Bangka, kehadiran kabel laut tersebut juga diharapkan bisa mendukung Muntok menjadi kawasan yang bermanfaat untuk investor.

“Seperti Batam dan Singapura, Muntok disiapkan oleh pemda untuk menjadi kawasan industri dan bisa menampung investor dari Tanjung Api-api, ini akan memicu wisatawan juga untuk datang," kata dia.

Larasati juga menjelaskan, proyek pembangunan kabel laut ini sudah masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2016-2025.

Kata Larasati, Bangka masih memiliki ketergantungan terhadap tenaga diesel yang dinilai cukup mahal. Maka, dengan adanya aliran listrik dari Sumatera tersebut, dinilai bakal membuat biaya pokok pembangkit menjadi lebih murah.

Kawasan Pariwisata Muntok yang berada di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung akan mendapatkan pasokan listrik lebih banyak. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News