Kabel Laut Menuju Jayapura Putus, Telkom Siapkan Alternatif

Kabel Laut Menuju Jayapura Putus, Telkom Siapkan Alternatif
Telkom. Foto: Jawa Pos.Com/JPNN

jpnn.com, PAPUA - PT Telkom Indonesia menyiapkan jalur alternatif menggunakan radio IP. Hal ini dilakukan sehubungan dengan terjadinya gempa di perairan Sarmi, Papua yang mengakibatkan putusnya kabel laut milik Telkom menuju Jayapura sekitar pukul 21.00 WIT, Jumat (6/4).

Putusnya kabel laut yang merupakan bagian dari Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ini berakibat layanan telekomunikasi Telkom Group di wilayah kota Jayapura dan sekitarnya mengalami penurunan kualitas karena hanya bisa dilayani dengan Sistem Komunikasi Satelit.

"Namun untuk recovery layanan, Telkom telah menyiapkan Sistem Radio IP antara Jayapura dan Sarmi untuk melayani kebutuhan Voice, SMS dan Internet di kota Jayapura dan sekitarnya," ujar Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam siaran persnya, Sabtu (7/4).

Diharapkan dengan pengalihan sementara menggunakan teknologi Radio IP tersebut layanan telekomunikasi untuk masyarakat Jayapura dan sekitarnya khususnya untuk mendukung penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bisa berlangsung tanpa kendala.

Telkom sambung Arif, memprioritaskan penanganan gangguan layanan Internet di Jayapura dan sekitarnya demi menjamin terselenggaranya layanan telpon dan internet, khususnya yang menunjang penyelenggaraan UNBK yang saat ini tengah berlangsung di Papua.

“Harapan kami, pelaksanaan UNBK dari 9 sampai 12 April untuk SMA, dan 23 sampai dengan 26 April untuk SMP bisa berlangsung lancar sesuai jadwal,” harap Arif.

“Atas nama Manajemen Telkom Group, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini,” imbuh Arif.

Arif juga menyampaikan, Telkom Group akan terus mengawal pemulihan layanan, khususnya yang menunjang penyelenggaraan UNBK hingga selesai. Salah satunya dengan terus melakukan koordinasi bersama para pihak dari dinas pendidikan maupun sekolah pelaksana UNBK.(chi/jpnn)

Putusnya kabel laut di Perairan Sarmi, Papua berakibat pada layanan telekomunikasi Telkom Group di wilayah kota Jayapura dan sekitarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News