Kabupaten Tanah Karo Paling Akhir Gelar Tes CPNS

Kabupaten Tanah Karo Paling Akhir Gelar Tes CPNS
Kabupaten Tanah Karo Paling Akhir Gelar Tes CPNS

jpnn.com - JAKARTA - Proses seleksi CPNS di instansi pusat maupun pemerintah daerah dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) belum sepenuhnya tuntas. Sebab, hingga hari ini masih ada satu kabupaten yang melaksanakan seleksi CPNS dengan CAT, yakni Kabupaten Tanah Karo.

Kepala Pusat Sistem Pengembangan Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aris Windiyanto mengatakan, panitia seleksi nasional (Panselnas) sengaja memberi waktu lebih panjang ke Pemkab Tanah Karo untuk menggelar seleksi CPNS dengan CAT. Pasalnya, salah satu kabupaten di Sumatera Utara itu sempat disibukkan dengan bencana letusan Gunung Sinabung.

"Dari 400-an instansi pusat dan daerah yang menyelenggarakan seleksi CPNS 2014, tinggal Kabupaten Tanah Karo masih melaksanakan tes. Rencananya tesnya sampai 20 Januari," ungkapnya kepada JPNN, Sabtu (17/1).

Menurutnya, pelaksanaan tes Tanah Karo dipusatkan di Kantor Regional BKN Medan. Sementara pengumuman hasil tes kompetensi dasar (TKD) ditargetkan bisa dilaksanakan pada Februari mendatang.

"Untuk daerah yang tertimpa bencana, pemerintah memberikan waktu lebih panjang untuk pelaksanaan TKD. Semestinya pelaksanaan tes CPNS terakhir Desember," terangnya.

Sesuai Surat Edaran MenPAN-RB, instansi yang melaksanakan TKD setelah 20 November 2014 tidak dibolehkan lagi mengadakan tes kompetensi bidang (TKB) dengan pertimbangan untuk efisiensi anggaran. Karenanya Kabupaten Tanah Karo tidak melaksanakan TKB karena baru menggelar TKD pada Januari ini.(esy/jpnn)


JAKARTA - Proses seleksi CPNS di instansi pusat maupun pemerintah daerah dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) belum sepenuhnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News