Kabut Asap Lagi, Polisi Siap Sikat Pelaku Karhutla!

Kabut Asap Lagi, Polisi Siap Sikat Pelaku Karhutla!
Kebakaran hutan.

jpnn.com, JAKARTA - Kabut asap di wilayah Kalimantan Barat mulai menebal. Pemicunya adalah kebakaran lahan yang semakin banyak.

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto menegaskan pihaknya bakal menindak pihak yang diduga menyebabkan kebakaran lahan g‎ambut di Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Menurut dia, anggota di lapangan telah mengamankan beberapa orang yang diduga sebagai penyebab kebakaran tersebut.‎

"Tentu kami tindak tegas, ada beberapa yang sudah ditangkap," kata mantan Kabareskrim Polri ini di Mabes Polri, Jakarta, Senin (20/8).

Jenderal lulusan Akpol 1985 ini tak menampik kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kalbar sebesar 90 persen itu merupakan ulah manusia. Menurut Ari, kemarau saat ini tak terlalu berpengaruh.

Kebakaran ini disebut-sebut sengaja dilakukan oleh sejumlah oknum yang ingin mengubah lahan gambut tersebut. Ditenggarai lahan tersebut akan dijadikan perumahan dan bangunan.

Hingga saat ini, proses pemadaman kebakaran lahan gambut tersebut masih terus dilakukan. Apalagi, terpantau masih ada beberapa titik api.

"Potensi kejadian 90 persen itu karena manusia, karena alamnya relatif sedikit. Apalagi sekarang kan kemaraunya tidak terlalu keras," tandas dia. (cuy/jpnn)

Hingga saat ini proses pemadaman kebakaran lahan gambut di Kalbar masih terus dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News