Kabut Asap Makin Parah, Lion Air Group Batalkan Puluhan Penerbangan

Kabut Asap Makin Parah, Lion Air Group Batalkan Puluhan Penerbangan
Lion Air Group. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah penerbangan Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, pada beberapa kota di Indonesia mengalami penundaan dan pembatalan akibat kabut asap, Jumat (13/9). Langkah ini ditempuh demi memastikan keselamatan penerbangan.

"Dalam memastikan keselamatan dan keamanan, Lion Air Group memutuskan untuk membatalkan penerbangan (cancel), menunda keberangkatan (postpone) dan keterlambatan (delay) di beberapa kota atau daerah yang dilayani domestik," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Danang menjelaskan keputuskan tersebut dikarenakan cuaca buruk berupa smoke (kabut asap) yang menyebabkan jarak pandang pendek (visibility below minimum), yang tidak memenuhi kualifikasi keselamatan penerbangan.

"Sehingga mengakibatkan terganggunya pada rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan berikutnya," jelasnya.

Menurut dia, Lion Air Group sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang atau tamu yang terganggu perjalanannya. Lion Air Group memfasilitasi penumpang yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

"Lion Air Group akan terus berkoordinasi bersama pihak terkait guna memperoleh perkembangan atau keterangan sesuai situasi terbaru," paparnya.

Operasional Lion Air Group akan berjalan normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan (safe for flight). "Lion Air Group akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional lainnya tidak terganggu," ungkapnya. (boy/jpnn)


Informasi Keterlambatan Penerbangan

Kabut asap akibat kebakaran hutan memaksa Lion Air Group membatalkan puluhan penerbangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News