Kaderisasi PAN Dinilai Sangat Solid

Kaderisasi PAN Dinilai Sangat Solid
Bendera Partai Amanat Nasional (PAN). Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Leo Agustino menilai kaderisasi yang dilakukan Partai Amanat Nasional (PAN) cukup solid.

Hal itu menjadi wujud cerminan partai politik (parpol) terbuka dan modern.

Dia mengamati sistem perekrutan PAN banyak diisi oleh generasi muda. Menurut dia cara tersebut mampu memperkuat basis suara dan popularitas PAN sebagai Partai Politik (Parpol).

"Perlu adanya kaderisasi yang solid, sehingga ketika ada kampanye mereka bisa menjawab visi misi partai," ujar Leo.

Setiap kader PAN bisa memberikan kontribusi signifikan untuk menambah kualitas partai. Leo menilai kader muda PAN tidak hanya sebagai vote getter, melainkan mampu menerjemahkan gairah perjuangan partai.

Oleh karena itu, dia menyebut apa yang dilakukan PAN dengan merekrut generasi muda sebagai langkah yang tepat.

Pasalnya, Leo melihat politisi senior yang saat ini menjabat kemungkinan hanya mampu bertahan selama lima tahun ke depan.

Fenomena inilah, menurut dia, sudah mulai diantisipasi oleh PAN dengan segera melakukan regenerasi partai. Leo berharap kehadiran banyak kader muda dalam PAN bisa memperkuat soliditas dan menambah keyakinan rakyat.

Sistem perekrutan PAN banyak diisi oleh generasi muda dan cara tersebut mampu memperkuat basis suara dan popularitas PAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News