Kadin Bakal Pimpin Kolaborasi Swasta Indonesia pada COP 26 di Glasgow

Kadin Bakal Pimpin Kolaborasi Swasta Indonesia pada COP 26 di Glasgow
Ketua Komite Tetap Energi Baru dan Terbarukan Kadin Muhammad Yusrizki mengatakan Kadin akan menjadi bagian dari delegasi Indonesia pada Conference of Parties (COP) 26 di Glasgow, United Kingdom (UK), 31 Oktober-12 November 2021. Ilustrasi. Foto/Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite Tetap Energi Baru dan Terbarukan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Muhammad Yusrizki mengatakan Kadin akan menjadi bagian dari delegasi Indonesia pada Conference of Parties (COP) 26 di Glasgow, United Kingdom (UK), 31 Oktober-12 November 2021. 

COP merupakan forum tingkat tinggi tahunan bagi 197 negara membicarakan perubahan iklim serta langkah negara-negara di dunia untuk menanggulanginya. 

Keikutsertaan Kadin dalam kegiatan tersebut menjadi tonggak komitmen mengajak seluruh sektor swasta mendukung terlaksananya komitmen net zero emission Indonesia. 

Sektor energi, yang mana ketenagalistrikan menjadi salah satu bagiannya, menyumbang 34 persen dari total emisi nasional sehingga dekarbonisasi sektor energi merupakan bagian penting dalam usaha menuju net zero emission. 

Muhammad Yusrizki menjelaskan di dalam sektor ketenagalistrikan, PLN memainkan peranan yang penting sebagai penggerak utama di Indonesia. 

Rancangan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 memberikan sinyal positif bagi industri EBT, yang mana penambahan kapasitas pembangkitan dari EBT mencapai porsi 51 persen dari total tambahan kapasitas hingga 10 tahun ke depan. 

Menanggapi komitmen dari PLN, Kadin turut mendukung komitmen nasional dan mengambil peran aktif menggerakkan sektor swasta. 

“Peran serta pihak swasta dalam rangka dekarbonisasi tidak dapat ditinggalkan, berkaca dari postur ekonomi nasional yang sangat banyak melibatkan pihak swasta,” ungkap Yusrizki melalui keterangan tertulisnya, Jumat (22/10).

Ketua Komite Tetap Energi Baru dan Terbarukan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Muhammad Yusrizki mengatakan Kadin akan menjadi bagian dari delegasi Indonesia pada Conference of Parties (COP) 26 di Glasgow, United Kingdom (UK), 31 Oktober-12 November 20

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News