Kadin Targetkan 20 Persen UKM Indonesia Bankable

Kadin Targetkan 20 Persen UKM Indonesia Bankable
Kadin Targetkan 20 Persen UKM Indonesia Bankable
JAKARTA- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan, dalam lima tahun mendatang, sekitar 20 persen usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia berkembang serta memenuhi kualifikasi sebagai sektor yang bankable.

Wakil Ketua Umum bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Koperasi Kadin Sandiaga S Uno mengatakan, saat ini dari sekitar 500-600 ribu UKM nasional, hanya sekitar lima persen yang layak disebut bankable.

Untuk itu, lanjut dia, Kadin memfasilitasi sebuah pelatihan dengan program modul untuk meningkatkan kemampuan pelaku UKM membuat laporan keuangan yang sesuai standar. Sehingga UKM tersebut dapat menjadi lebih percaya diri, terutama memudahkan ketika mengajukan permohonan pinjaman kepada pihak bank.

“Program itu bekerjasama dengan PricewaterhouseCoopers Indonesia. Hingga saat ini, sekitar 17 ribu UKM melalui Kadin Jawa Tengah telah mengajukan permohonan ikut serta program itu. Nanti, sistemnya dengan train the trainers,” terang Sandiaga di Jakarta, Jumat (28/8).

JAKARTA- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan, dalam lima tahun mendatang, sekitar 20 persen usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News