KADIN: Tingkatkan Produk Berbasis Budaya

KADIN: Tingkatkan Produk Berbasis Budaya
KADIN: Tingkatkan Produk Berbasis Budaya
JAKARTA- Keragaman budaya Indonesia merupakan peluang besar dalam membangun pertumbuhan perekonomian. Tentu saja jika dimanfaatkan dengan meningkatkan berbagai potensi produk-produk yang berbasis budaya ke pasar Internasional.

Wakil Ketua Umum bidang Industri, Teknologi, dan Kelautan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rachmat Gobel mencontohkan produk-produk yang berasal dari budaya Indonesia dengan kandungan bahan baku lokal seperti jamu-jamuan mendapatkan pangsa pasar yang sangat besar.

"Pasar jamu tahun 2008 meraup USD20 miliar, sedangkan ekspor Indonesia sebesar Rp1 triliun dan pasar domestik senilai Rp 14,5 triliun," kata Rachmat Gobel kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/8).

Selain itu, Rahmad Gobel juga menyebutkan pasar mebel dan kerajinan dunia tahun 2008 mencapai USD104 miliar, dengan nilai ekspor Indonesia senilai USD2,6 miliar dan pasar domestik senilai USD3,12 miliar.

JAKARTA- Keragaman budaya Indonesia merupakan peluang besar dalam membangun pertumbuhan perekonomian. Tentu saja jika dimanfaatkan dengan meningkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News