Kado Manis Hari Raya Nyepi, Ditjen Bimas Hindu Kemenag Luncurkan Program Pendidikan Widyalaya

Kado Manis Hari Raya Nyepi, Ditjen Bimas Hindu Kemenag Luncurkan Program Pendidikan Widyalaya
Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi meluncurkan Pendidikan Widyalaya, Kamis (14/3) sebagai kado manis Hari Suci Nyepi untuk umat Hindu seluruh Indonesia. Foto dok Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi meluncurkan Pendidikan Widyalaya, Kamis (14/3) sebagai kado manis Hari Suci Nyepi untuk umat Hindu seluruh Indonesia.

Peluncuran Pendidikan Widyalaya atau pendidikan umum berciri khas keagamaan Hindu ini diresmikan oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Plt. Sekjen) Kemenag Abu Rokhmad mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium H.M Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta.

"Saya ucapkan selamat dan saya kira ini tepat disyukuri bersama. Ini menjadi ajang untuk berlomba-lomba memajukan kualitas di bidang pendidikan. Tentu, kita patut memberikan apresiasi yang tinggi karena melakukan terobosan yang fundamental ini," katanya ujar Abu Rokhmad.

"Saya berharap Pendidikan Widyalaya ini mampu menjawab tangan ke depan. Bagaimana mencetak peserta didik yang cerdas, terampil, bermoral, bijaksana, religius. Ini tantangan yang cukup besar dan luar biasa," tambahnya.

Dia berharap Pendidikan Widyalaya ini bisa mencetak dan mewujudkan sejarah yang kontinu dengan berbagai macam cita-cita siswa yang diharapkan.

Para siswa tidak hanya mendapatkan ilmu di bidang umum tapi juga dapat pengetahuan tentang agama.

Dalam kesempatan itu, Abu Rokhmad menegaskan agar  umat Hindu betul-betul percaya dan menyekolahkan anak-anaknya di Widyalaya setelah ini.

"Apakah umat Hindu mau menyekolahkan di Widyalaya ini? Anak-anak kita umat Hindu percaya atau tidak dengan pendidikan yang dilahirkan oleh umat Hindu sendiri. Itu harus dibuktikan. Sejarah Widyalaya ini tidak hanya saat launching tapi betul-betul memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan umat Hindu," sambungnya.

Kementerian Agama meningkatkan kualitas pendidikan Hindu dengan diresmikannya Pendidikan Widyalaya ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News