Kagoya Duga Ada Aktor Intelektual di Balik Serangan KKB

Kagoya Duga Ada Aktor Intelektual di Balik Serangan KKB
Stafsus Presiden Lenis Kagoya. Foto: M Fathra Nazrul Islam

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua Lenis Kagoya meminta kepolisian mengungkap dari mana Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua memperoleh senjata api.

Kepolisian menurutnya bisa mengecek dari mana senjata itu disuplai dengan mempelajari jalur distribusi logisttik mereka yang pernah diungkap aparat sebelumnya. Yang lebih penting lagi, harus usut siapa aktor yang bermain di belakang mereka.

"Saya minta agar persoalan ini selesai, pihak kepolisian tahu, di Wamena pernah ada yang ditangkap pendistribusian logistik (untuk kelompok bersenjata). Coba ditelusuri dari situ," ujar Lenis memberi petunjuk, ketika ditemui di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/12).

Dia menilai peristiwa pembantaian yang dilakukan oleh kelompok yang mengaku sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), terkesan aneh. Sebab semenjak kepemimpinan Presiden Joko Widodo baru kali ini terjadi tindakan separah itu.

"Mulai tahun 2014, sejak Pak Jokowi ke Papua, sampai 2017, setiap Desember, tidak pernah ada insiden di Papua. Kejadian kemarin itu enggak pernah terjadi. Makanya saya curiga, siapa yang bermain ini?" sebut Lenis.

Itu sebabnya dia meminta masalah ini diusut tuntas dan hanya kepolisian yang mampu mengungkap persoalan tersebut. Bagaimana bisa ada peredaran senjata di gunung, siapa yang menyuplai, semua menurutnya harus dikontrol.

Ketika disinggung apakah ada kaitan peristiwa pembantaian di Nduga dengan situasi menjelang Pilpres Pilpres, Lenis tidak menutup kemungkinan itu bisa ada kaitannya.

"Bisa juga terjadi. Termasuk mahasiswa di Jawa ajak demonstrasi, terus ada lawan ormas lagi maju. Ini lingkaran apa? Ini bukan peristiwa yang berdiri sendiri. Makanya kepolisian, BIN, dicek baik-baik persoalan ini," tuturnya.

Staf Khusus Presiden Lenis Kagoya Kelompok Kerja Papua Lenis Kagoya meminta kepolisian segera mengungkap dari mana KKB di Nduga Papua memperoleh senjata api.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News