Kahiyang Ayu di Mata Para Guru (3/habis)

Saat SMA jadi Anggota PKS

Kahiyang Ayu di Mata Para Guru (3/habis)
Kahiyang Ayu. Foto: Instagram

jpnn.com, SOLO - Pada 2006, Kahiyang Ayu masuk SMA. Ayang, panggilan sayang putri Joko Widodo dan Iriana itu menjadi sosok yang lebih dewasa.

Ayang aktif sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMAN Surakarta. Pembina PKS periode tersebut Sunarjo merasa sempat ragu ada anak pejabat masuk anggota PKS. Sebab, tidak sedikit yang enggan bergabung di PKS. “Saya heran tapi juga kagum,” katanya.

Kali pertama gabung PKS, Ayang sudah terlihat tegas menjalankan peraturan sekolah. Dia tidak segan menegur murid yang lebih senior. Sikap tegas itu sesuai visi misi PKS sebagai garda terdepan penegakan peraturan sekolah.

Tidak hanya bersikap tegas ketika melihat adanya pelanggaran, Ayang, lanjut Sunarjo, juga memberikan contoh bagaimana menjadi murid yang tertib.

Guru Bahasa Jerman Kasim dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 6 Surakarta sama-sama menilai Ayang merupakan anak yang ramah, mudah bersosial, dan selalu sopan dengan orang lebih tua. “Setelah lulus masih sering bertegur sapa. Kami sebagai pendidiknya ikut bangga,” ujar Kasim. (rs/atn/bay/jpr)

(Saat SD, Kahiyang Dikenal Sumeh dan Rajin Salat)

(Pernah Menangis saat SMP Gara-Gara Masalah Keluarga)


Saat duduk di bangku SMA, Kahiyang Ayu menjadi anggota PKS. Dia tidak segan menegur murid yang lebih senior.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News