KAI Daop 8 Surabaya Bakal Operasikan Kereta Api Baru

KAI Daop 8 Surabaya Bakal Operasikan Kereta Api Baru
Kereta api. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT KAI Daop 8 Surabaya akan menjalankan dua kereta api (KA) relasi baru yaitu KA Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen (Jakarta) /pp dan KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi - Bojonegoro – Gambringan – Solo Balapan – Kutoarjo /pp. 

Hal ini untuk mengakomodir keinginan masyarakat wilayah Utara Jawa Timur dari Surabaya, Bojonegoro hingga Blora untuk mewujudkan transportasi umum yang aman, nyaman serta bebas dari kemacetan. 

Kedua KA baru tersebut akan mulai beropersi pada 1 Desember 2019, seiring dengan KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang baru. 

Kebijakan pemberlakuan Gapeka tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI.

KA Dharmawangsa Ekspres dijadwalkan berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 22.35 WIB dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 09.47 WIB. 

Rangkaian KA Dharmawangsa terdiri dari tiga gerbong kereta eksekutif dan 6 gerbong kereta ekonomi, dengan kapasitas total tempat duduk sebanyak 786 tempat duduk.

Harga tiket KA Dharmawangsa Ekspres untuk kelas eksekutif mulai dari tarif Rp 350.000 - Rp 530.000, untuk kelas ekonomi mulai dari tarif Rp130.000-Rp160.000.

KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen (Jakarta) akan berhenti di 16 stasiun (daftar terlampir) seperti Lamongan, Babat, Bojonegoro, Cepu , dst.

Diharapkan dengan adanya kehadiran dua KA baru ini, bisa meningkatkan mobilitas masyarakat di pesisir utara Jawa Timur menuju Jawa Tengah hingga ke arah Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News