Kaki Gunung Rinjani Penyangga Bawang Putih Nasional

Kaki Gunung Rinjani Penyangga Bawang Putih Nasional
Tanaman bawang putih di kaki gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur, Provinsi NTB. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Ingat bawang putih, Ingat Sembalun, Lombok Timur. Sembalun merupakan salah satu syurga pengembangan sayuran di Nusa Tenggara Barat.

Hampir 50 persen pasokan di wilayah Mataram dari berbagai aneka sayuran di pasok dari Sembalun. Ini menandakan bahwa daerah ini menjadi penyangga utama sayuran di Nusa Tenggara Barat. Di samping itu, wilayahnya dikelilingi oleh bukit dan gunung terbentang kawasan yang sangat luas dan datar sepanjang mata memandang tertanami bawang putih yang menjadi salah satu prioritas andalan nasional.

Dalam rangka mendukung Sembalun menjadi sentra utama pengembangan bawang putih nasional, Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman telah berkunjung ke lokasi ini dan sekaligus melakukan penanaman bawang putih sebagai simbol bahwa Sembalun akan bangkit menjadi sentra terbesar bawang putih Indonesia.

Dengan tumbuh dan berkembangnya berbagai sentra utama di Indonesia, Andi Amran Sulaiman yakin swasembada bawang putih Indonesia akan tercapai pada tahun 2021.
Kadis Pertanian Lombok Timur, Zaini mengatakan bahwa sentra pengembangan bawang putih di Lombok Timur mencapai 10.000 hektare. Sentra pertanaman tersebar di 5 Kecamatan yaitu Sembalun, Wanasaba, Sikur, Pringgasela, Suela.

Penambahan luas tanam setiap saat ada karena kondisi dan ketersediaan air mencukupi. Sentra utama terbesar di Sembalun bisa mencapai 4.000 Ha tepatnya di kaki Gunung Rinjani serta hampir seluruh wilayah ini tertanami bawang putih dengan pola monokultur dan sebagian tumpang sari dengan komoditas sayuran lainnya seperti cabai besar.

“Melihat prospektif ini, maka Sembalun siap menjadi penyangga benih bawang putih nasional dan menyukseskan swasembada bawang putih tahun 2021,” katanya.

Abdul Aziz, Ketua Gapoktan Sembalun Horti 441 Desa Sembalun Lawang dan sekaligus champion bawang putih Kabupaten Lombok Timur mengatakan bahwa kelompok binaanya konsentrasi dalam penyediaan benih bawang putih varietas sangga sembalun.

“Kami siapkan benih sampai bulan September sekitar 1.500 ton,” katanya.

Ingat bawang putih, Ingat Sembalun, Lombok Timur. Sembalun merupakan salah satu syurga pengembangan sayuran di Nusa Tenggara Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News