Kalah di Putaran Pertama, Sarkozy Janji Bangkit di Pemilu Ulang

Kalah di Putaran Pertama, Sarkozy Janji Bangkit di Pemilu Ulang
Kalah di Putaran Pertama, Sarkozy Janji Bangkit di Pemilu Ulang
PARIS - Presiden Perancis Nicloas Sarkozy, secara mengejutkan kalah dalam pemilihan umum yang digelar Minggu (22/4) kemarin. Sarkozy memang masih punya kesempatan untuk memenangi putaran kedua melawan kandidat dari Partai Sosialis Francois, Hollande.

Namun demikian Sarkozy adalah calon incumbent pertama dalam sejarah era modern Perancis yang kalah dalam pemilu putaran pertama. Berdasarkan hasil penghitungan cepat atau quick count, Hollande meraih antara 28-29 persen suara, disusul oleh Sarkozy dengan 25.5-27 persen.

Yang mengejutkan, kandidat sayap kanan fanatis Marine Le Pen yang anti-imigran dan anti-Uni Eropa meraih suara cukup signifikan, yaitu 18-20 persen sekaligus menempati posisi ketiga. Posisi ini adalah pencapaian terbaik Partai Front Nasional sepanjang sejarah.

 

Seperti dilaporkan AFP Senin (23/4), tingkat pemilih yang abstain dalam pemilu tahun ini  mencapai 20 persen atau 4 persen lebih banyak dari pemilu 2007. Kini, Sarkozy dan Hollande sedang bersiap menarik simpati publik menjelang pemilu ulang tanggal 6 Mei mendatang.

PARIS - Presiden Perancis Nicloas Sarkozy, secara mengejutkan kalah dalam pemilihan umum yang digelar Minggu (22/4) kemarin. Sarkozy memang masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News