JPNN.com

Kalau Ada Perusahaan PHK Karyawan, Sungguh Terlalu!

Kamis, 26 Maret 2020 – 19:09 WIB Kalau Ada Perusahaan PHK Karyawan, Sungguh Terlalu! - JPNN.com
Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay berharap tidak ada perusahaan yang melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) terhadap para karyawan, di tengah lesunya pertumbuhan ekonomi akibat pandemik Corona (COVID-19) yang melanda 168 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Saleh Daulay mengemukakan harapannya, karena PHK hanya membuat masalah semakin bertambah.

Pekerja yang diberhentikan kemungkinan akan kesulitan mencari pekerjaan dengan cepat, untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari.

"Saya berharap tidak ada PHK dalam situasi seperti ini. Karena memang semua orang tidak menginginkan keadaan ini terjadi. Karena sudah terjadi, maka harus dihadapi semua komponen, baik pengusaha maupun pekerja," ujar Daulay kepada jpnn.com, Kamis (26/3).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini memahami, kondisi yang terjadi tidak mudah untuk dihadapi.

Apalagi, akibat penyebaran Covid-19 yang terus meluas perekonomian sangat lesu. Di sinilah kepedulian semua pihak untuk saling berbagi dan memahami diperlukan.

Pemerintah di satu sisi membantu dengan membuat regulasi yang meringankan beban pengusaha. Di sisi lain pengusaha tidak melakukan PHK, sementara dari sisi pekerja memahami kesulitan yang dialami perusahaan.

"Sampai sejauh ini memang belum ada laporan resmi yang kami terima terkait perusahaan yang gulung tikar akibat virus Corona. Ini kan baru tiga minggu, jadi mungkin belum sampai ke arah itu (gulung tikar)," ucapnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...