JPNN.com

Kalau ke Papua, Aleks Pastikan Jokowi Bisa Lihat Cendrawasih Liar

Rabu, 02 Agustus 2017 – 22:36 WIB Kalau ke Papua, Aleks Pastikan Jokowi Bisa Lihat Cendrawasih Liar - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Selain Anwar, Presiden Joko Widodo juga berbincang-bincang dengan Aleks Waisomon, peraih penghargaan Kalpataru dari Jayapura, Papua, saat puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 di kantor Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta, Rabu (2/8).

Kepada Jokowi-sapaan presiden, pria asal Kampung Repang Muaif, Distrik Unurum Guay, itu bercerita mengenai kesehatiannya mengamati dan menjaga hutan sebagai habibat burung langka asal Papua, Cendrawasih.

"Apa pekerjaan konkret merawat (hutan dan burung)?" tanya Jokowi kepada Aleks.

Kepada presiden, Aleks pun menyampaikan bahwa dia mengamati kehidupan Cendrawasih, sampai tahu tempat biasa burung itu bermain, tempat makan dan jenis-jenisnya.

"Orang-orang Indonesia umumnya belum tahu Cendrawasih itu beberapa jenis. Cendrawasih banyak bukan yang kuning saja, dan sedang kami data supaya generasi muda lihat kekayaan alam itu," jelas dia.

Desa tempat Aleks tinggal bisa ditempuh selama 1,5 jam menggunakan mobil dari Jayapura. Kemudian, untuk bisa melihat Cendrawasih, cukup jalan kaki sekitar 15 menit dari kampungnya.

Saat ini, ada 7 jenis Cendrawasih yang dijaga Aleks dan komunitas di desanya. Luas areal yang menjadi habitat burung tersebut sekitar 19 hektare.

Presiden pun bertanya, kalau dia ke Papua lagi dan berkunjung ke Desa Aleks, apakah bisa dipastokan bisa meliat Cendrawasih? Aleks memastikan bisa.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...