Kalau Tak Lengkap, Usulan Cawagub Ahok Bakal Dikembalikan

Kalau Tak Lengkap, Usulan Cawagub Ahok Bakal Dikembalikan
Kalau Tak Lengkap, Usulan Cawagub Ahok Bakal Dikembalikan

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera mengkaji usulan pengajuan nama calon wakil gubernur DKI Jakarta yang secara resmi telah dilayangkan ke Kemendagri untuk diteruskan ke Presiden, Selasa (2/12).

Menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemdagri, Djohermansyah Djohan, jika nantinya pengajuan nama ditemukan tidak sesuai persyaratan yang ditetapkan undang-undang, maka Kemendagri akan mengembalikannya, guna dilengkapi.

Persyaratan yang wajib dipenuhi tertera dalam Pasal 169 Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. Disebutkan, jika calon wagub berasal dari PNS, maka paling tidak haruslah seorang yang telah menyandang golongan kepangkatan paling rendah IV/c.

Sementara jika berasal dari non PNS, baik dari kalangan profesional maupun petinggi partai politik, harus mempunyai kecakapan dan pengalaman pekerjaan yang cukup di bidang pelayanan publik.

“Pengajuan usulan nama juga harus disertai lampiran dokumen yang bersangkutan. Harus ada dokumen misalnya persyaratan pendidikan, NPWP. Kalau enggak lengkap, kita kembalikan supaya dilengkapi,” kata Djohermansyah, di Gedung Kemdagri, Selasa (2/12).

Menurut birokrat yang akrab disapa Prof Djo ini, pengajuan nama yang dilengkapi dengan dokumen calon, diajukan dalam satu amplop tertutup. Nantinya setelah Kemdagri memeriksa kelengkapan berkas, akan langsung diserahkan ke Presiden. (gir/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera mengkaji usulan pengajuan nama calon wakil gubernur DKI Jakarta yang secara resmi telah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News