Kalau Tidak ada Sanksinya, Berarti gak ada Kontrolnya

Kalau Tidak ada Sanksinya, Berarti gak ada Kontrolnya
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Perhubungan bakal melakukan review dan deregulasi atau penyederhanaan aturan yang merugikan masyarakat dan yang menghambat iklim usaha penerbangan.

Salah satunya yakni terkait sanksi terhadap pembekuan rute penerbangan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Suprasetyo mengatakan, dengan adanya pemberian sanksi terhadap operator penerbangan yang melakukan pelanggaran ini bisa menjadi fungsi kontrol regulator terhadap operator penerbangan.

“Kalau tidak ada sanksinya kan berarti peraturan ini tidak ada kontrolnya,” kata Suprasetyo, Kamis (9/2).

Terkait sanksi ini, kata Suprasetyo menjadi concern organisasi penerbangan sipil internasional ICAO (Internasional Civil Aviation Organization), FAA (Federal Aviation Administration), dan EU (Uni Eropa) yang melakukan audit serta assessment.

“Selama ini belum jelas sanksi yang diberikan, bila operator lalai, maka akan kami buat aturan-aturan yang memuat kewajiban yang harus dipenuhi oleh operator, sehingga kami akan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan Menteri yang ada,” tandas Suprasetyo.

Karena itu, dia berharap deregulasi terhadap aturan-aturan tersebut bisa segera selesai.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan bakal melakukan review dan deregulasi atau penyederhanaan aturan yang merugikan masyarakat dan yang menghambat iklim usaha


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News