Kemenhub Tingkatkan Keselamatan Pelayaran Rakyat Ambon

Kemenhub Tingkatkan Keselamatan Pelayaran Rakyat Ambon
Nelayan Bongkar hasil tangkapan. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk terus meningkatkan standar keselamatan pelayaran, khususnya pelayaran rakyat.

Karenanya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mendorong seluruh stakholder pelayaran untuk meningkatkan keselamatan pelayaran rakyat di seluruh wilayah Indonesia.

Maluku menjadi provinsi pertama untuk mengimplementasikan upaya peningkatan kualitas pelayaran rakyat.

Komitmen peningkatan keselamatan tersebut diwujudkan dalam pemberian bantuan kepada Pemerintah Provinsi Maluku, yang penyerahannya secara simbolis dilakukan Budi kepada para penerima bantuan pada Acara Puncak HPN 2017, di Lapangan Polda Maluku, kota Ambon.

Budi mengatakan, untuk meningkatkan keselamatan pelayaran rakyat, diberikan bantuan sebanyak 1.600 buah life jacket yang disumbangkan PT pelndo IV dan INSA.

"Life jacket wajib digunakan saat berlayar menggunakan kapal rakyat.

Kemenhub juga memberikan bantuan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pelayaran, juga diberikan kepada 1000 pemuda dan Pemudi Maluku melakui Diklat Vokasi di bidang pelayaran," tutur Budi, Kamis (9/2).

Adapun penyelenggaraan program Diklat Pemberdayaan Masyarakat dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenhub, bekerjasama dengan Universitas Pattimura dan Pemerintah Provinsi Maluku.

Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk terus meningkatkan standar keselamatan pelayaran, khususnya pelayaran rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News