Kali Sunter Berubah Warna Menjadi Biru

Kali Sunter Berubah Warna Menjadi Biru
Kali Sunter tercemar limbah. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Air Kali Sunter di Jalan Cipinang Muara 1, Pondok Bambu, Jakarta Timur, berubah menjadi biru akibat tercemar pembuangan limbah dari kegiatan usaha milik warga. Namun, belum diketahui oknum yang membuang limbah.

“Kalau warna itu bisa jadi dari proses painting, pengecetan. Kami akan lakukan verifikasi lapangan terkait ada dugaan kalau ada kegiatan usaha yang tidak mengolah air limbahnya,” kata Kasi Penanganan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Rusliyanto.

BACA JUGA: Limbah Kosmetik dan Popok Ancaman Kualitas Air di Sungai

Rusliyanto belum dapat memastikan bengkel cat mana yang membuang limbah Kali Sunter karena harus berkoordinasi dengan Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur guna mengetahui asal saluran air yang digunakan membuang limbah.

“Kita belum bisa memastikan ada crossing darimana sumbernya. Kalau dari sepanjang jalan ini kami tidak menemukan adanya sumber yang diduga mencemari kali sampai berwarna biru itu,” ujarnya.

Dia menyebut pencemaran yang dilakukan industri rumahan merupakan satu sebab tercemarnya kali, sungai, situ, waduk, dan embung di Jakarta.

Pihaknya bakal segera melakukan uji laboratorium terhadap air Kali Sunter guna memastikan tingkat pencemaran akibat limbah industri rumahan tersebut.

“Kami akan lakukan verifikasi lapangan terkait ada dugaan kalau ada kegiatan usaha yang tidak mengolah air limbahnya. Karena di DKI sudah mengatur setiap kegiatan usaha wajib mengelola limbahnya,” tuturnya.

Air kali diduga terkontaminasi limbah cat karena aroma cairan tiner yang digunakan untuk kegiatan industri seperti bengkel cat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News