Kalimat Tegas Luhut Panjaitan kepada Wamenkes Dante: Jangan Sampai Ini Gagal

Kamis, 29 Juli 2021 – 02:50 WIB
Kalimat Tegas Luhut Panjaitan kepada Wamenkes Dante: Jangan Sampai Ini Gagal
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Foto: ANTARA/Instagram @luhut.pandjaitan/pri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta Kementerian Kesehatan menyediakan laboratorium (lab) untuk tes PCR sampai ke tingkat kabupaten dan kota.

Permintaan itu disampaikan Menko Luhut Panjaitan saat Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Vaksinasi bersama menteri kesehatan dan para ahli epidemiologi dari sejumlah universitas secara daring, Rabu (28/7).

Luhut menegaskan penyediaan lab PCR sampai ke kabupaten/kota itu penting dilakukan seiring dengan digalakkannya upaya 3T (Testing, Tracing, dan Treatment).

Dia bahkan langsung meminta Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono untuk mengecek persediaan lab tersebut.

"Pak Dante, coba dicek dulu untuk lab PCR ini supaya jangan sampai 3T ini gagal hanya karena lab PCR-nya tidak cukup," ucap Luhut Panjaitan melalui keterangan tertulis di Jakarta, kemarin.

Penyediaan lab PCR di tingkat kabupaten/kota itu juga bertujuan untuk melengkapi kebutuhan rumah sakit di daerah.

Koordinator PPKM di Jawa-Bali itu juga meminta kegiatan 3T bisa dilakukan untuk melacak minimal terhadap lima orang kontak erat dengan penderita Covid-19.

Terkait vaksinasi Covid-19, mantan kepala staf kepresidenan (KSP) itu meminta Kemenkes bekerja sama dengan TNI-Polri untuk mengejar target 2 juta dosis vaksin per hari.

SPONSORED CONTENT

loading...