Kaltara Dapat Suntikan Investasi Rp 180 Triliun dari Investor Australia

Jumat, 21 Mei 2021 – 05:55 WIB
Kaltara Dapat Suntikan Investasi Rp 180 Triliun dari Investor Australia - JPNN.com
Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang. (Antara/Susylo Asmalyah)

jpnn.com, TARAKAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendapat suntikan investasi senilai kurang lebih Rp 180 triliun dari perusahaan Australia, Fortescue Future Industries Pty Ltd, yang merupakan anak usaha Fortescue Metals Group.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang mengatakan investasi tersebut bertujuan untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan.

“Insyaallah tahun ini investor dari Australia akan masuk melaksanakan pembangunan proyek PLTA. Itu nilai investasinya lebih kurang Rp180 triliun,” kata Zainal di Tarakan, Kaltara, Kamis (20/5).

Selain itu, kata Zainal, investasi ini rencananya juga akan masuk ke Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi, Tanjung Palas Timur, Bulungan.

Menurut Zainal, kegiatan pada investasi megaproyek ini diperkirakan akan bisa merekrut lebih kurang 7.000 tenaga kerja.

“Tentu ini akan menjawab masalah pengangguran di Kaltara ini,” kata Gubernur Zainal.

Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP menuturkan investasi hijau perlu didorong untuk mengoptimalkan keberlangsungan lingkungan, selain juga tetap mendorong pertumbuhan ekonomi.

Apalagi, pemerintah sudah mengungkap rencana pembangunan proyek kawasan industri hijau terintegrasi berbasis hydropower yang akan dibangun di Kaltara.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...