Kalteng Berpotensi Banjir Besar

Tahun Lalu Sebanyak 20.355 Rumah Terendam

Kalteng Berpotensi Banjir Besar
Kalteng Berpotensi Banjir Besar
PALANGKA RAYA - Musim hujan yang terjadi wilayah Kalteng diperkirakan masih tetap bertahan hingga beberapa bulan mendatang. Seiring dengan itu, biasanya akan terjadi banjir tahunan yang terjadi hampir di seluruh daerah di Bumi Tambun Bungai ini.

Banjir di Kalteng dapat dikatakan rutin setiap tahunnya. Seperti yang terjadi pada Oktober hingga Desember 2010 lalu, berdasarkan data yang dimiliki oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng tercatat sebanyak 20.355 rumah yang terendam banjir di seluruh wilayah Kalteng.

"Potensi terjadinya banjir di Kalteng saya rasa merata di 14 kabupaten/kota se-Kalteng. Dimana tidak semua daerah di kabupaten/kota tersebut berpotensi, namun hanya di titik-titik wilayah tertentu saja, misalnya daerah bantaran sungai," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng, Mugeni kepada Kalteng Pos (JPNN Grup).

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat perlu mewaspadai intensitas hujan yang terjadi di daerahnya jika terjadi dengan intensitas dan volume yang sangat tinggi. Namun bagi daerah yang memang merupakan wilayah langganan banjir tiap tahunnya, seharusnya masyarakat setempat sudah melakukan antisipasi dan persiapan sebelum banjir.

PALANGKA RAYA - Musim hujan yang terjadi wilayah Kalteng diperkirakan masih tetap bertahan hingga beberapa bulan mendatang. Seiring dengan itu, biasanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News