Kamerun Kembali jadi Raja Afrika

Kamerun Kembali jadi Raja Afrika
Timnas Kamerun, juara Piala Afrika 2017. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com -Kamerun akhirnya menuntaskan dahaganya selama 15 tahun di ajang Piala Afrika. Setelah terakhir menjadi juara di tahun 2002, Kamerun akhirnya kembali naik tahkta.

Dalam final Piala Afrika 2017 di Stade d'Angondje Gabon, Senin (6/2) dini hari WIB, Kamerun menang 2-1 atas Mesir.

Hasil ini membawa Kamerun meninggalkan Ghana sebagai pengoleksi gelar terbanyak kedua di ajang Piala Afrika. Kamerun mengoleksi lima gelar dari tujuh kali ke final, sedangkan Ghana empat gelar dari sembilan kali ke partai puncak.

Sementara Mesir masih menjadi negara yang paling banyak mengolkeis gelar dengan tujuh titel. Bagi Kamerun, kemenangan kali ini sekaligus membalas kekalahan dari Mesir pada partai final Piala Afrika 2008 di Ghana.

Pada laga final kali ini, Mesir mampu mencetak gol lebih dahulu melalui Mohamed Elneny pada menit ke-22. Pemain asal klub Arsenal itu sukses menjebol gawang Fabrice Ondoa setelah memanfaatkan umpan winger asal AS Roma, Mohamed Salah.

Gol itu bertahan sampai jeda pertandingan dan membuat Kamerun bermain kian agreif pada paruh kedua. Nikolas N'Koulou akhirnya bisa menyamakan skor usai mengkonversi umpan Benjamin Moukandjo pada menit ke-59.

Dua menit jelang waktu normal berakhir, pemain yang baru masuk pada awal babak kedua, Vincent Aboubakar, muncul sebagai pahlawan Kamerun. Aboubakar menceploskan gol kemenangan pada menit ke-88.

Gelar ini menjadi bukti tangan dingin pelatih Hugo Broos, yang menyulap Kamerun dari tim tanpa motivasi, menjadi pasukan singa yang sulit dikalahkan dan haus kemenangan, sesuai julukan mereka Les Lions Indomptables.

Kamerun akhirnya menuntaskan dahaganya selama 15 tahun di ajang Piala Afrika. Setelah terakhir menjadi juara di tahun 2002, Kamerun akhirnya kembali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News