Kampanye SARA Bakal Jadi Bumerang

Kampanye SARA Bakal Jadi Bumerang
Kampanye SARA Bakal Jadi Bumerang
JAKARTA - Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI), Siti Zuhro menilai positif kegiatan Safari Ramadhan yang dilakukan calon gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Hanya saja, Siti menyesalkan ceramah bernuansa SARA yang muncul dalam Safari Ramadhan yang dilakukan calon gubernur incumben itu.

 

"Kampanye yang tidak mencerdaskan justru akan menuai hal negatif, karena tidak memberikan pembelajaran yang positif," ujar Siti lewat pesan singkat kepada pers, Rabu (1/8).

 

Siti menekankan bahwa Pilkada DKI Jakarta sebagai bagian pilar demokrasi harusnya dibangun dengan menanamkan nilai-nilai yang rasional dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karenanya, ujar Siti, pendekatan SARA harus dijauhi karena akan mengalihkan perhatian masyarakat dari program serta visi misi para calon.

 

Siti juga menilai, isu SARA dapat menjadi bumerang bagi yang menggunakannya. Pasalnya, besar kemungkinan hal ini dapat digunakan oleh lawan politiknya untuk menyerang balik. "Ini akan mengurangi bobot calon yang bersangkutan dan tak tertutup kemungkinan isu itu akan digunakan oleh lawan untuk memukul balik yang bersangkutan," katanya.

 

JAKARTA - Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI), Siti Zuhro menilai positif kegiatan Safari Ramadhan yang dilakukan calon gubernur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News