Kamrussamad Kecam OJK Loloskan Kookmin Bank Jadi Pengendali Bukopin

Kamrussamad Kecam OJK Loloskan Kookmin Bank Jadi Pengendali Bukopin
Kamrussamad, anggota DPR RI komisi XI. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad mengkritik aksi korporasi Kookmin Bank (KB), sebagai pemegang saham pengendali di Bank Bukopin.

Kamrussamad menduga ada antek asing di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga Kookmin lolos jadi pemegang saham pengendali.

"Diduga ada antek asing di OJK, sehingga Kookmin power full di Bukopin," kata Kamrussamad, dalam keterangan resmi, Selasa.

Bank asal Korea Selatan (Korsel) itu diketahui sebagai pemegang saham terbesar kedua di PT Bank Bukopin Tbk (BBKP).

Kookmin Bank telah menyetorkan dana segar senilai Rp 2,8 triliun untuk membantu likuiditas sekaligus penguatan permodalan Bank Bukopin, pada Kamis pekan lalu.  

Oleh karena itu, kata Kamrussamad, pemerintah disarankan membantu Bukopin. Karena, ucap dia, bank terbesar kedua ini memiliki plafon kredit untuk UMKM.

"Padahal, kita tahu kondisi UMKM saat ini sedang terpuruk akibat Covid-19," ujarnya.

Dikatakan Kamrussamadd, fungsi OJK selaku pemegang otoritas industri jasa keuangan, seharusnya konsisten dalam menjalankan regulasi yang sudah dikeluarkan terhadap Kookmin.

Anggota Komisi XI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad mengkritik aksi korporasi Kookmin Bank (KB), sebagai pemegang saham pengendali di Bank Bukopin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News