Kamrussamad Menilai Banyak Tantangan dalam Upaya Peningkatan Ekonomi 2023

Kamrussamad Menilai Banyak Tantangan dalam Upaya Peningkatan Ekonomi 2023
Forum Economic Outlook 2023: Optimis atau Waspada, di Jakarta, Senin. Foto: rdo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Arah kebijakan ekonomi pemerintah dinilai sudah berada di jalan yang tepat, sehingga tahun ini bisa dilalui dengan percaya diri.

Hal itu disampaikan anggota DPR Komisi XI Kamrussamad dalam Forum Economic Outlook 2023: Optimis atau Waspada, di Jakarta, Senin.

"Walaupun tidak sedikit tantangan dan pekerjaan rumah harus dituntaskan," ucap Kamrussamad yang juga selaku Ketua Umum BPP HIPKA (Himpunan Pengusaha HIPMI), dalam siaran pers, Selasa.

Dia juga menjelaskan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan antara lain pertumbuhan ekonomi yang berkualitas sebagai pemantik penciptaan lapangan kerja baru.

"Sehingga pengangguran dan kemiskian dapat dikurangi setiap tahun. Peningkatan alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 merupakan salah satu faktor pendorong sektor UMKM," ujar Kamrussamad.

Dalam kesempatan sama, Dewan Komisioner OJK Frederica Widyasari menyampaikan optimisme terhadap peningkatan literasi, edukasi, dan inklusi keuangan bagi masyarakat serta pencegahan dan mitigas atas investasi ilegal menjadi perhatian OJK sebagai bentuk nyata perlindungan konsumen.

"Rencana strategis pengaturan, pengawasan, dan perlindungan konsumen 2023 siap diimplementasikan OJK dengan mengharapkan dukungan dan kerja sama stakeholder industri jasa keuangan," tutur Frederica.

Di sisi lain, Bank Indonesia juga sudah berkomitmen menjalankan fungsi dan tujuannya dalam menjaga stabilitas makro ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Kamrussamad menilai arah kebijakan ekonomi sudah berada di jalan yang tepat, meskipun ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News