Kanada Kecam Hukuman Mati Terhadap Warganya di China

Kanada Kecam Hukuman Mati Terhadap Warganya di China
Kanada Kecam Hukuman Mati Terhadap Warganya di China

Pengadilan di China telah menjatuhkan hukuman mati untuk seorang warga Kanada karena penyeludupan narkoba, keputusan yang akan semakin memperburuk hubungan negara Beijing dan Ottawa menyusul penahanan terhadap seorang eksekutif Huawei di Kanada sebelumnya.

Hukuman mati di China

Pengadilan di kota Dalian di provinsi Liaoning menyidangkan kembali Robert Lloyd Schellenberg, yang sebelumnya sudah mengajukan banding atas hukuman 15 tahun yang dijatuhkan terhadapnya.

Dalam persidangan terbaru ini pengadilan memutuskan bahwa dia dijatuhi hukuman mati, kata pernyataan pengadilan di situsnya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengecam keputusan tersebut

Ini menjadi keprihatinan serius bagi kami sebagai pemerintah, demikian juga dengan sekutu internasional kami bahwa China telah memutuskan memutuskan menjatuhkan hukuman mati seperti dalam kasus ini." kata Trudeau kepada wartawan di Ottawa.

Hubungan antara Kanada dan China memburuk menyusul penahanan tanggal 1 Desember lalu di Vancouver terhadap Meng Wanzhou, direktur keuangan utama perusahaan teknologi raksasa China Huawei, atas permintaan dari Amerika Serikat.

China mengecam penahanan tersebut, dan memperingatkan adanya konsekuensi bila dia tidak dibebaskan, dan kemudian menahan dua warga Kanada dengan tuduhan membahayakan keamanan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News