Kang Emil Bakal Jadikan Sukawera Jadi Desa Percontohan

Kang Emil Bakal Jadikan Sukawera Jadi Desa Percontohan
Ridwan Kamil saat melakukan blusukan. Foto for jpnn

jpnn.com, INDRAMAYU - Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kagum dengan Desa Sukawera karena potensi di desa itu membuat warganya mandiri.

Di mana Desa Sukawera, Kecamatan Kertasmaya memiliki tiga potensi unggulan, yakni peternakan lele, budidaya jamur, dan industri bordir yang dikerjakan oleh ibu-ibu secara home industry.

Ketua Asosiasi Petani Lele Pantura Hamani mengatakan, di desanya ada 63 petani lele. Mereka membudidayakan lele mulai dari pembeniihan dan pembesaran di halaman rumah atau di belakang rumah.

Mereka beternak dengan menggunakan bioflok. Keuntungan dari satu bioflok mencapai Rp 1 juta.

"Saya memiliki 11 biofolk, dan keuntungannya lumayan," kata dia usai mendampingi Ridwan Kamil melihat budidaya lele di samping rumahnya.

Menurut dia, lele tersebut dilempar ke wilayah Indramayu, Bekasi dan Jakarta. Persoalannya sekarang adalah terbentur pada modal untuk mengembangkan lele.

Sementara itu Nasroni Effendy, tokoh masyarakat desa setempat meminta agar Kang Emil memperhatikan potensi yang ada di desanya. Mulai dari peternakan ikan lele, industri bordir yang dimulai 1963 hingga sekarang.

"Mohon semua yang sudah dilakukan di desa kami diperhatikan supaya lancar," kata Nasroni.

Ada tiga potensi unggulan di Desa Sukawera, yakni peternakan lele, budidaya jamur, dan industri bordir yang dikerjakan oleh ibu-ibu secara home industry.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News