Kang Emil Gubernur, Sinergi dengan Jakarta Makin Efektif

Kang Emil Gubernur, Sinergi dengan Jakarta Makin Efektif
Ridwan Kamil. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tidak hanya punya kemampuan yang dibutuhkan untuk memimpin Provinsi Jawa Barat. Relasinya yang baik dengan pemimpin ibu kota juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Pengamat politik dari The Jakarta Institute Reza Fahlevi mengatakan, Rdiwan Kamil adalah satu-satunya kandidat gubernur Jawa Barat yang mempunyai pengalaman dalam bidang pembangunan kota.

"Selain karena, profesi sebelumnya sebagai arsitek, pengalaman selama 5 tahun memimpin Bandung menjadi bekal dan pengalaman untuk memimpin Jabar kedepan," ujar Reza dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/11).

Reza juga mengatakan, kemenangan Ridwan Kamil di Pilkada Jabar bisa berdampak besar bagi provinsi tetangga, DKI Jakarta. Pasalnya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu dikenal cukup dekat dengan dua pucuk pimpinan ibu kota, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Anies dan Sandi yang baru pertama menjabat sebagai kepala daerah, lanjut Reza, bisa belajar dari Emil. Khususnya dalam hal pengelolan kota.

"Apalagi ke depan banyak kerjasama antara Jabar, seperti bidang transportasi, sosial budaya, dan penataan kota. Anies-Sandi dapat menyerap banyak pengalaman Kang Emil selama memimpin Bandung," beber dia.

Selain sukses menata kota, Reza menilai Emil juga sukses dalam urusan penataan birokrasi. Salah satu prestasi menterengnya adalah membawa Kota Bandung mendapat peringkat satu se-Indonesia terkait reformasi birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Selain itu, pelayanan publik di Kota Bandung juga sudah mendapatkan rapor hijau. "Artinya, tidak relevan bila pengalaman dianggap menjadi faktor kekurangan Kang Emil. Yang penting adalah nilai kepemimpinan yang bisa diterapkan di segala skala," kata dia.

Ini kelebihan-kelebihan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News