Kang Emil: Saya Minta Waspada Sampai Maret 2022 

Kang Emil: Saya Minta Waspada Sampai Maret 2022 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi pasca longsor di wilayah RT 03, RW01 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Senin (15/11/2021). Dok. Biro Adpim/ Angga.

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang diperkirakan berlangsung hingga Maret 2022. 

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan dalam rentang waktu kondisi cuaca ekstrem itu, diperkirakan banyak terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir. 

"Saya minta waspada sampai Maret 2022. Ada curah hujan yang lebih tinggi dari biasanya, dan punya potensi longsor dan banjir yang lebih sering," kata Kang Emil di Gedung Sate, Bandung, Jabar, Selasa (16/11). 

Kang Emil mencontohkan bencana longsor di Dago, Kota Bandung, awal November lalu terjadi akibat dampak bencana dari cuaca ekstrem

Padahal, kata dia, hampir puluhan tahun di daerah tersebut tidak pernah terjadi longsor. 

"Seperti longsor yang terjadi di Dago juga sama, menurut warga sana selama 50 tahun tidak pernah terjadi longsoran seperti itu tetapi tiba-tiba terjadi," jelasnya.

Sebelumnya, mantan wali kota Bandung itu sudah menetapkan status siaga 1 untuk 27 kabupaten/kota di Jabar. 

Sebagai antisipasi bencana akibat cuaca ekstrem, pihaknya meminta aparat kewilayahan melakukan apel rutin kesiapsiagaan. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil meminta masyarakat lebih berhati-hati terhadap cuaca esktrem di Jabar yang diprediksi terjadi hingga Maret 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News