Kang Hasan Tawarkan Program Digawe demi Kurangi Pengangguran

Kang Hasan Tawarkan Program Digawe demi Kurangi Pengangguran
Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin berdialog dengan petani yang membudidayakan ikan di Kampung Ciherang, Desa Gunung, Desa Gunung Tua, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Minggu (18/2). Foto: RMOL Jabar

jpnn.com, SUBANG - Calon Gubernur Jawa Barat Tubagus Hasanuddin mengatakan, salah satu prioritasnya jika kelak terpilih dan mengemban jabatan adalah menciptakan lapangan pekerjaan untuk menekan angka pengangguran. Untuk itu, calon gubernur Jawa Barat usungan PDIP tersebut memiliki program Digawe untuk menekan angka pengangguran.

Melalui program Digawe, politikus yang kini akrab disapa dengan panggilan Kang Hasan itu mengajak masyarakat yang ada desa-desa untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada demi meningkatkan perekonomian rakyat. Salah satunya dengan memanfaatkan sumber air yang melimpah.

"Beberapa daerah di Jawa Barat mempunyai ketersediaan air yang cukup banyak, sangat potensial. Ini harus dimanfaatkan dengan baik, misalnya budi daya ikan, bertani, sehingga masyarakat desa punya pekerjaan tanpa harus ke kota," ujar Hasanuddin saat mengunnjungi tempat budi daya ikan di Kampung Ciherang, Desa Gunung, Desa Gunung Tua, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Minggu (18/2).

Mantan tentara dengan pangkat terakir mayor jenderal yang juga dikenal dengan panggilan Kang TB itu menjelaskan, harus ada upaya ekstra untuk mendorong kemandirian ekonomi masyarakat desa. Caranya adalah melalui suntikan modal dari pemerintah daerah sehingga warga tak perlu menunggu investor masuk untuk menyediakan lapangan kerja.

Hasanuddin pun menjanjikan akan menambah dana desa untuk pengembangan ekonomi kerakyatan di perdesaan jika kelak terpilih sebagai gubernur Jawa Barat. Menurutnya, modal awal menjadi permasalahan umum warga yang hendak memulai usaha.

“Jadi harus dibantu untuk modal awalnya, misalkan melalui Bank Jabar atau juga melalui koperasi, kalau perlu dana desa ditingkatkan," tutur Kang Hasan yang dalam kesempatan itu didampingi etua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi.

Hasanuddin yang berpasangan dengan Anton Charliyan memiliki sejumlah program bagi warga Jabar. Selain Digawe, program lain yang ditawarkan adalah ImahRempeg, Cageur, SakolaGratis dan TurKamling.(nif/rmo/jpg)


Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin menyatakan, harus ada upaya ekstra untuk mendorong masyarakat di perdesaan mewujudkan kemandirian ekonomi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News