Kanker Ovarium Bisa Diturunkan Lewat Ayah

Kanker Ovarium Bisa Diturunkan Lewat Ayah
Kanker Ovarium Bisa Diturunkan Lewat Ayah

Ada nenek Anda dari keluarga ayah yang menderita kanker ovarium? Jika demikian, Anda yang perempuan atau saudara perempuan Anda berisiko lebih besar terkena penyakit ini dibandingkan dari garis keturunan ibu. Inilah hasil dari sebuah penelitian terbaru.

Data dari sebuah studi jangka panjang mengenai sejumlah keluarga di Amerika Serikat mengindikasikan perempuan mewarisi kanker ovarium melalui kromosom X yang diturunkan dari ayah mereka, terlepas dari gen pada kromosom lain yang dianggap agresif.

"Kami memiliki bukti kuat untuk mengatakan ada sesuatu [di kromosom X]," kata Kevin Eng, pemimpin penelitian dari Roswell Park Comprehensive Cancer Center di Buffalo, Amerika Serikat.

Dr Eng dan timnya telah mengidentifikasi gen potensial pada kromosom X yang terkait dengan awal kanker ovarium. Laporannya telah dimuat di jurnal PLOS Genetics, hari Jumat (16/02).

Namun, ia menekankan penelitian genetika yang jauh lebih besar perlu dilakukan untuk mengidentifikasi apakah ada mutasi secara spesifik.

Teka-teki kanker ovarium

Kanker ovarium adalah kanker kedelapan yang paling sering didiagnosa pada perempuan di Australia.

Sudah diketahui bahwa perempuan yang telah mewarisi mutasi gen BRCA 1 dan 2 dari ibu atau ayah berisiko tinggi terkena kanker ovarium atau kanker payudara.

"Kami tahu BRCA adalah gen risiko utama, tapi kami juga tahu hal ini tidak menjelaskan semuanya," kata Dr Eng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News