Kanker, Perbanyak Konsumsi Zinc

Kanker, Perbanyak Konsumsi Zinc
Kanker, Perbanyak Konsumsi Zinc

SURABAYA - Mengidap kanker tidak berarti harus kehilangan gairah hidup. Menjaga kesehatan tubuh tetap harus dilakukan agar pasien kanker bisa survive dalam waktu lama. Salah satunya dengan menjaga konsumsi makanan. Karena itu, pasien kanker perlu memperhatikan diet makanannya. 

Dwi Eko Martini DCN dari Instalasi Gizi RSUD dr Soetomo mengatakan, tujuan diet pada pasien kanker adalah menjaga kondisi dan daya tahan tubuh. Untuk itu, konsumsi tinggi zinc sangat dibutuhkan. Sebaliknya, konsumsi lemak harus dibatasi. 

Agar asupan zinc terpenuhi, pemilihan bahan makanan harus diperhatikan. Zinc banyak terdapat pada ikan, udang, dan kerang. ''Intinya, ikan laut punya kandungan zinc tinggi," jelas dia. 

Kemudian, pilihlah karbohidrat yang terdapat pada buah. Semua buah mengandung gula sebagai zat karbohidrat. Juga, pilih makanan dan minuman rendah lemak. Misalnya, konsumsi susu skim. 

SURABAYA - Mengidap kanker tidak berarti harus kehilangan gairah hidup. Menjaga kesehatan tubuh tetap harus dilakukan agar pasien kanker bisa survive dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News