Kans 5 Tokoh Islam Dampingi Jokowi Jika Prabowo Gaet UAS

Kans 5 Tokoh Islam Dampingi Jokowi Jika Prabowo Gaet UAS
Presiden Jokowi dan TGB Zainul Majdi membagikan buku kepada anak - anak korban gempa Lombok di posko pengungsian Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Senin (30/7). Foto: IVAN/LOMBOK POST/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Said Salahuddin memprediksi sejumlah nama dari kalangan Islam makin berpeluang menjadi pendamping Joko Widodo (Jokowi) seiring munculnya nama Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Salim Segaf Al-Jufri sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Prabowo Subianto.

Dalam prediksi Said, nama muslim Kondang yang kini punya peluang besar menjadi cawapres bagi Jokowi adalah KH Ma'ruf Amin, Din Syamsuddin, M Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang, Jimly Asshiddiqie dan Moh Mahfud MD.

"Nama kelima tokoh ini sebetulnya sudah banyak disebut-sebut memiliki peluang mendampingi Jokowi. Tapi, probabilitas mereka selama ini agak terhambat oleh kandidat lain yang berasal dari unsur parpol," ujar Said di Jakarta, Rabu (1/8).

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) itu menambahkan, selama ini kelima tokoh itu sebagai figur non-parpol dianggap tidak punya kontribusi dalam pencapresan.  Sementara kandidat dari unsur parpol merasa memiliki modal elektoral untuk mengusung Jokowi.

Hanya saja, kata Said, kini justru kubu Prabowo mengelus dua nama ulama, yakni UAS dan Salim Segaf. "Nah, ketika kubu penantang berencana memasang tokoh agama sebagai calon pendamping Prabowo Subianto, maka peluang kelima tokoh untuk mendampingi Jokowi bisa ikut menanjak," ucapnya.

Said menambahkan, Jokowi tentu juga ingin merebut suara pemilih muslim yang mayoritas. Karena itu jika pilihannya pada ulama murni, maka yang berpeluang adalah Kiai Ma’ruf dan Din Syamsuddin.

Kiai Ma'ruf merupakan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus rais aam syuriah Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU). “Kiai Ma'ruf cukup menonjol di kalangan pemilih muslim, sering dijadikan rujukan oleh para ulama," katanya.

Sedangkan Din merupakan tokoh Muhammadiyah. “Pernah memimpin MUI, ormas Muhammadiyah, dikenal sebagai intelektual dan berasal dari luar Pulau Jawa," ujarnya.

Pengamat politik Said Salahuddin memprediksi lima tokoh Islam makin berpeluang menjadi pendamping Jokowi seiring munculnya Abdul Somad sebagai cawapres Prabowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News