Kantongi Lisensi AFC, PSM Masih Wajib Penuhi Beberapa Syarat

Kantongi Lisensi AFC, PSM Masih Wajib Penuhi Beberapa Syarat
Para pemain PSM Makassar. Foto: Idham Ama/Fajar/JPNN

jpnn.com, MAKASSAR - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan hasil verifikasi lisensi klub AFC atau Club Licensing Department 2018.

Ada 10 klub Liga 1 mendapat lisensi klub AFC. Tetapi, tujuh di antaranya masih bestatus lolos dengan catatan.

Mereka yang lolos dengan catatan di antaranya; PSM, Madura United, Barito Putera, Persipura, Borneo FC, Bhayangkara FC dan Bali United.

Adapun Arema FC, Persija, dan Persib dipastikan bisa bermain di kompetisi AFC musim depan.

Manajer Lisensi PSSI, Tigor Shalomboboy mengatakan, tujuh klub yang lolos bersyarat diberi kesempatan untuk melengkapi kriteria yang belum memenuhi syarat hingga Januari 2019. Jika tidak mampu melengkapinya lisensinya akan dicabut.

"Tujuh klub mengajukan banding keputusan kemarin (22 Oktober). Perlu diketahui juga setiap saat AFC datang untuk mengecek kelengkapan dokumennya. Ancamannya kan berat gak bisa ikut kompetisi AFC kalau ketahuan tidak lengkap," jelasnya.

Dijelaskannya, penentuan lolos bersyarat dilakukan berdasarkan standar penilaian. Ada 49 kriteria yang harus dipenuhi. Masing-masing, 33 kriteria A, delapan kriteria B, dan delapan kriteria C.

"Kalau lolos, 33 kriteria A harus terpenuhi. Lolos bersyarat berarti ada kriteria B yang belum terpenuhi. Kalau C tidak pengaruh," terangnya.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan hasil verifikasi lisensi klub AFC atau Club Licensing Department 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News