Kantongi Tiket PDIP, Gus Ipul-Azwar Anas Sowan ke PKB

Kantongi Tiket PDIP, Gus Ipul-Azwar Anas Sowan ke PKB
Saifullah Yusuf (kemeja putih) dan Abdullah Azwar Anas (berbatik) saat mengunjungi kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Minggu (15/10). Foto: Imam Solehudin/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Duet Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas yang baru saja ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur dari PDIP mendatangi kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Minggu (15/10). Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah juga ikut menyertai Gus Ipul -panggilan akrab Saifullah- dan Anas saat mengunjungi kantor DPP PKB di kawasan Cikini.

Menurut Basarah, PDIP dan PKB merupakan sesama partai pengusung duet Gus Ipul-Azwar Anas. "Ini koalisi PDIP dan PKB," ujar Basarah.

Dia menjelaskan, Gus Ipul merupakan figur yang diusung PKB. Sedangkan Anas, kata Basarah, disodorkan oleh PDIP.

Karena itu sebagai balasan setelah Gus Ipul mengunjungi kantor DPP PDIP, maka Basarah menemani Anas ke kantor DPP PKB. "Maka dari itu kedatangan saya ke sini, saya mendapat mandat khusus dari Ibu Megawati untuk mengantarkan Pak Azwar Anas (ke PKB)," jelas Basarah.

Dia menambahkan, Azwar Anas sudah sejak lama menjadi bagian dari keluarga besar PDIP. "Waktu 2010, Pilkada Banyuwangi, kami yang mengusung beliau," jelas dia.

Saat ini, lanjut Basarah, pria yang pernah menjadi salah satu kepala daerah terbaik itu menjabat sebagai pengurus organisasi sayap PDIP. "Beliau ini sekarang Ketua Baitul Muslimim Jawa Timur," tutup Basarah.

Sedangkan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding mengatakan, keputusan PDIP memilih Azwar Anas menjadi pendamping Gus Ipul merupakan kewenangan penuh partai berlambang kepala banteng itu. “PKB tidak ikut-ikutan, itu internal PDIP," jelas Karding.

Namun, kata Karding, partainya percaya bahwa PDIP membuat keputusan terbaik soal duet Gus Ipul-Azwar Anas. “Mereka memilih Pak Azwar tentu dengan pertimbangan yang sangat matang. Apalagi PDIP adalah partai besar," lanjut dia.(mam/JPC)


Duet Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas yang baru saja ditetapkan sebagai pasangan cagub dan cawagub Jawa Timur dari PDIP mengunjungi kantor DPP PKB.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News