Kapal Kargo Terbakar di Surabaya, Politikus Gerindra Soroti Kinerja Kemenhub

Kapal Kargo Terbakar di Surabaya, Politikus Gerindra Soroti Kinerja Kemenhub
Nizar Zahro. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro kembali menyoroti kinerja Kementerian Perhubungan. Kali ini karena insiden terbakarnya kapal kargo KM Asia Prima I di perairan dekat dermaga domestik Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS), Jumat (5/5) siang.

"Baru-baru ini tidak sampai sebulan, di darat tepatnya di puncak Bogor, terjadi kecelakaan. Sekarang di laut, kapal kargo terbakar. Kami meminta kemenhub meningkatkan kinerjanya," ujar Nizar di kompleks Parlemen Jakarta.

Dia menyebutkan dalam meningkatkan kinerja, Kemenhub harus mengoptimalkan pengawasan terhadap moda transportasi baik di laut maupun di darat. Jangan sampai, katanya, kementerian yang dipimpin Budi Karya mengklaim telah membina dan mengawasi, tapi fakta di lapangan berkata lain.

"Itu akhirnya terbukti dengan banyaknya insiden kecelakaan baik moda transportasi darat maupun moda transportasi laut," ujar politikus Gerindra ini.

Karena itu menyikapi terbakarnya kapal kargo di Surabaya, dia meminta Kemenhub melalui dirjen perhubungan laut, maupun otoritas pelabuhan Tanjung Perak untuk mengusut penyebab insiden itu.

Bila ditemukan ada kelalaian perusahaan dalam menerapkan prosedur pelayaran, maka harus ada tindakan tegas.

"Ini untuk memberikan efek jera bagi pelaku usaha transportasi laut agar tidak lalai dalam merawat kapal-kapalnya, sehingga tidak terjadi kecelakaan lagi yang bisa mengakibatkan korban jiwa maupun kerugian," pungkas politikus asal Madura ini.(fat/jpnn)


Berita Selanjutnya:
DPR Yakin, Menhub tak Ragu

Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro kembali menyoroti kinerja Kementerian Perhubungan. Kali ini karena insiden terbakarnya kapal kargo KM Asia Prima


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News