Kapal Perang TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Tenggelamkan Kapal Musuh

Kapal Perang TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Tenggelamkan Kapal Musuh
Kapal perang TNI AL, yaitu KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan KRI Halasan-630, bersama kapal perang Angkatan Laut Singapura atau Republic of Singapura Navy (RSN), yaitu RSS Vigour-92 dan RSS Interpid-69 melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Eagle Indopura 2023 di Perairan Natuna, Senin (28/8). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Dua kapal perang TNI AL, yaitu KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan KRI Halasan-630 bersama kapal perang Angkatan Laut Singapura atau Republic of Singapura Navy (RSN), yaitu RSS Vigour-92 dan RSS Interpid-69 kompak membombardir dan menenggelamkan kapal musuh.

Insiden itu terjadi saat kedua angkatan laut itu melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Eagle Indopura 2023 di Perairan Natuna, Senin (28/8).

Dinas Penerangan TNI AL dalam keterangan tertulisnya, menyebutkan kegiatan Penembakan Sasaran Permukaan (Gunex) Peran Tempur Bahaya Permukaan Laut dilaksanakan untuk menghadapi kapal permukaan musuh yang disinyalir menggagalkan jalannya latihan bersama.

Killer Tomato yang disimulasikan sebagai kapal musuh, dijadikan sasaran tembak dengan jarak 3 mil.

Satu persatu dimulai dari KRI Sultan Iskandar Muda-367, Kapal RSS Interpid-69, Kapal RSS Vigour-92, dan KRI Halasan-630 membombardir sasaran menggunakan peluru tajam Meriam 76 mm dan Meriam 57 mm hingga kapal musuh berhasil ditenggelamkan.

Pada Latihan Bersama ini juga dilaksanakan deteksi sasaran bawah air menggunakan APV-RT yang diluncurkan oleh tim Arsenal TNI AL dari KRI Halasan-630.

Saat latihan tersebut, kekuatan Angkatan Laut Indonesia dan Singapura membuat formasi Photoex bersama dengan Heli Panther serta satu Pesawat MPA CN-235 milik Indonesia dan satu Pesawat MPA 121-SQ milik Singapura.

Kolonel Laut (P) Obsen A Naibaho selaku Dansatgas Latma Eagle Indopura 2023 menyampaikan latihan tersebut merupakan skenario latihan peperangan laut.

Kapal perang TNI AL dan Angkatan Laut Singapura kompak membombardir dan menenggelamkan kapal musuh di Perairan Natuna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News