Kapal Rumah Sakit Terapung TNI AL Bersiaga Dukung KTT ASEAN, Nih Spesifikasinya

Kapal Rumah Sakit Terapung TNI AL Bersiaga Dukung KTT ASEAN, Nih Spesifikasinya
KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, yang menjadi Kapal Markas sekaligus Rumah Sakit Terapung milik TNI AL bersiaga mendukung KTT ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Dispenal

jpnn.com, LABUAN BAJO - TNI AL mengerahkan sejumlah unsur guna menjamin keamanan laut dalam penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN Tahun 2023 yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Salah satunya yaitu KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, yang menjadi Kapal Markas sekaligus Rumah Sakit Terapung yang bersiaga mendukung KTT ASEAN.

Kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS) buatan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia di Surabaya tersebut, memiliki beragam fasilitas yang lengkap setara dengan rumah sakit tipe B.

Kapal ini dilengkapi dengan empat kamar operasi steril, ruang ICU, ruang HCU dengan kemampuan dua pasien dan satu kamar operasi nonsteril.

Selain itu, ada ruang Unit Gawat Darurat (UGD), layanan persalinan, poliklinik (umum, mata, gigi, THT, kandungan, dan lainnya), apotek dan gudang farmasi, serta dilengkapi dengan dua unit kapal ambulans dan empat mobil ambulans.

KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 juga dilengkapi heli deck yang dapat melaksanakan operasi heli dalam misi evakuasi medis, dengan helikopter TNI AL jenis Panther AS 565.

Pada KTT ASEAN, Rumah Sakit Terapung saat ini menyiagakan 11 orang dokter spesialis untuk mengantisipasi segala kemungkinan, yang terdiri dari spesialis bedah konsultan, digestif, bedah ortopedi, penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, THT, anestesi, radiologi, dokter gigi spesialis bedah mulut dan dokter gigi spesialis konservasi gigi.

Kapal yang masuk ke jajaran TNI AL pada tahun 2022 ini memiliki panjang 124 meter, lebar 21,8 meter dan tinggi 42,068 meter dengan kecepatan ekonomis 12 knot.

TNI AL mengerahkan sejumlah unsur guna menjamin keamanan laut dalam penyelenggaraan KTT ASEAN, salah satunya Kapal Rumah Sakit Terapung, nih spesifikasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News