Kapal TKI Tenggelam di Johor

Empat TKI Selamat Rayakan Lebaran Di Tanah Air

Kapal TKI Tenggelam di Johor
Kapal TKI Tenggelam di Johor

jpnn.com - JAKARTA - Empat TKI ilegal, korban selamat kapal TKI yang tenggelam di Johor, Malaysia telah kembali ke tanah air kemarin (6/7). Impian untuk merayakan hari lebaran bersama keluarga dapat terwujud pada Idul Fitri tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Djudjur Hutagalung Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KJRI Johor saat dihubungi kemarin sore. Ia menjelaskan, dokumen-dokumen keimigrasian keempat TKI ilegal tersebut telah selesai. Sehingga mereka dapat langsung dipulangkan.

"Nanti malam (kemarin malam, red) mereka akan tiba di bandara Soekarno-Hatta. Nanti dari sini pukul 16.50 dengan Lion air, jadi kemungkinan sampai 2 jam lagi," tuturnya.

Keempat TKI tersebut berhasil lolos hukuman dari otoritas setempat setelah dilakukan perundingan antara pihak KJRI dan pihak Malaysia. Upaya bantuan hukum mereka berhasil disetujui oleh penyidik dan jaksa (pendakwah raya). Sehingga mereka tidak akan diproses secara hukum oleh pihak berwajib. Oleh karena itu, keempatnya dapat segera diterbangkan ke tanah air begitu Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) mereka selesai diurus.

Sementara untuk 36 jenazah yang sempat hilang, saat ini telah ditemukan tujuh orang, lima laki-laki dan dua perempuan. Djudjur mengaku hingga saat ini tim SAR masih terus melakukan pencarian 29 orang lainnya.

Lanjut Djudjur, ketujuh jenazah tersebut akan segera dipulangkan setelah diketahui identitas dan ditemukan alamat resmi keluarga yang bersangkutan. Namun sayangnya, kondisi jenazah yang sudah beberapa hari terombang-ambing dilaut membuatnya susah untuk diidentifikasi.

"Itu karena sudah beberapa hari di laut, jadi kondisinya kurang sempurna. Sehingga membuat kita sulit untuk mengidentifikasi," jelasnya.

Akibatnya, lanjutnya, pencarian keluarga para TKI tersebut pun menjadi terhambat. Padahal, pihak Malaysia hanya memberikan tenggang waktu 14 hari untuk melakukan pencarian dan proses pemulangan. "Jika tidak, mereka akan terpaksa dimakamkan disini (Malaysia, red)."

JAKARTA - Empat TKI ilegal, korban selamat kapal TKI yang tenggelam di Johor, Malaysia telah kembali ke tanah air kemarin (6/7). Impian untuk merayakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News