Kapal Tol Laut dan Perintis Hadir di Wilayah Terdepan Indonesia

Kapal Tol Laut dan Perintis Hadir di Wilayah Terdepan Indonesia
Kapal-kapal tol laut dan perintis yang disiapkan oleh Ditjen Perhubungan Laut. Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko mengatakan kapal perintis dan kapal tol laut telah hadir di wilayah terdepan Indonesia, khususnya di provinsi Sulawesi Utara.

"Adanya kapal-kapal tersebut merupakan bukti kehadiran negara untuk merajut konektivitas wilayah dan merangkai nusantara," ujar Capt Wisnu.

Ditjen Perhubungan Laut menyediakan kapal-kapal tol laut dan juga kapal perintis untuk merajut konektivitas dan merangkai nusantara dengan menjangkau wilayah 3TP (Terpencil, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan).

"Terkait dengan informasi yang menyatakan bahwa adanya masyarakat Nanusa di Kepulauan Talaud yang masih terisolir, bersama ini disampaikan bahwa kapal perintis sudah sampai ke Miangas dan Karatung yang berada di sekitar Nanusa, jadi tidak benar kalau wilayah Nanusa terisolir," jelas Capt. Wisnu.

Sebagai informasi, saat ini Ditjen Perhubungan Laut juga sedang memperbaharui kapal-kapal perintis yang sudah ada untuk wilayah Sangihe dan Talaud dengan kapal baru Sabuk Nusantara 95 dan Sabuk Nusantara 69, yang akan siap beroperasi dalam dua minggu ke depan.(chi/jpnn)


Adanya kapal-kapal tersebut merupakan bukti kehadiran negara untuk merajut konektivitas wilayah dan merangkai nusantara.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News